Kajian: Dakwah Salaf dan Keikhlasan | Ustadz Mubarak Bamuallim, Lc, M.H.I
06:19
Alhamdulillah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Allah subhanahu wa taala atas berbagai nikmat dan karunia yang telah dianugerahkan kepada kita karena semua nikmat yang ada pada kita baik nikmat diniah yang berkaitan dengan agama ataupun nikmat duniawi yang berkaitan dengan kenikmatank-kenikmatan duniawi semuanya itu dari Allah subhanahu wa taala nikmat apa saja yang ada pada kalian maka semua itu dari Allah maka segala puji hanya milik Allah atas berbagai nikmat yang Allah berikan kepada kita terutama nikmat iman dan Islam nikmat tauhid dan Sunah Rasulullah Sallallahu Alaihi W wasallam serta Taufik yang diberikan kepada hambahamb-anya yang dikehendaki oleh Allah untuk mengikuti kebenaran yang diturunkan Allah kepada Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa alihi wasallam Kemudian pada kesempatan yang baik ini Alhamdulillah saya Bersyukur kepada
09:27
allah subhanahu wa taala bisa bertemu dengan semua jemaah dan dapat melaksanakan salah satu dari ya amal yang kita harapkan Semoga amal ini adalah amal yang bermanfaat menjadi amal yang pahalanya berkesinambungan yaitu mengajarkan ilmu dan menuntut ilmu sebagaimana disabdakan oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam [Musik] [Musik] Barang siapa yang dia keluar atau menuh satu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga Allah subhanahu wa taala dan semoga sebagaimana Allah kumpulkan kita di dunia ini di majelis yang mulia ini dan semoga Allah kumpulkan kita pula dengan rahmat dan kasih sayangnya di surga Allah Subhanahu taala amin ya rabbal alamin maasir muslimin rahimakumullah ee pembahasan yang akan kami sampaikan P kesempatan yang baik ini adalah tentang keikhlasan dakwah Salaf dan keikhlas kepada Allah subhanahu wa taala keikhlasan adalah aslun Min usulidin ya atau Aam us mengikhlaskan amal ibadah kepada Allah subhanahu wa taala adalah prinsip
11:07
terbesar dalam agama Allah ini karena allah tidaklah mengutus para rasul ya dan menurunkan kitab-kitabnya kecuali untuk menyeru manusia kepada mengikhlaskan ibadah hanya kepada Allah subhanahu wa taala maka ketika kita diberikan oleh Allah subhanahu wa taala Taufik diberikan kekuatan untuk dapat melaksanakan ee keikhlasan atau dapat melaksanakan ibadah kepada Allah Taala dengan ikhlas ini adalah satu nikmat yang khusus yang Allah berikan kepada hamba-hamba pilihannya kepada hamba-hamba pilihannya dan Allah subhanahu wa taala ya telah berfirman dalam al-qur'anul Karim yaitu fa'lam annahu Lailahaillallah berilmulah kalian ya berilmulah pelajarilah bahwasanya tiada sembahan yang hak kecuali Allah maka kita ya ketika akan beribadah pada Allah Taala hendaknya kita mempelajari tentang keikhlasan tentang Allah yang akan kita sembah ya kita beribadah dengan ilmu yaallah ketahuilah bahwasanya tiada sembahan yang hak kecuali Allah Adapun sembahan-sembahan selain Allah adalah sembahan yang Yang batil ya sebagaimana Allah Taala
12:40
berfirmanika biallah Haq wauntil yang demikian itu karena Allah dialah sembahan yang hak dan apa yang mereka sembah selain Allah itu adalah sembahan yang Yang batil siapun dan Apun yang disembah selainain Allah adalah keb kebatilan entah itu malaikat entah itu nabi entah itu Rasul entah itu Wali entah itu sapi entah itu api entah itu batu dan lain sebagainya semua sembahan selain Allah adalah sembahan-sembahan yang Yang batil namun perlu diketahui bahwa yang disembah selain Allah itu ada dua macam ada yang berakal dan ada yang tidak berakal ya yang berakal yaitu sebagian dari manusia yang disembah selain selain Allah yang tidak berakal berhala ya sapi api dan seterusnya itu sembahan-sembahan yang tidak ber tidak berakal se sembahan yang berakal para nabi para malaikat yang para wali yang disembah selain Allah subhanahu wa taala kemudian yang disembah selain Allah yang berakal itu terbagi menjadi dua kategori yang disembah selain Allah yang berakal itu ada dua yang pertama yang Rida mereka disembah selain Allah contohnya Firaun contohnya Namrud dan siapa saja
14:21
yang disembah selain Allah dan dia Rida disembah selain Allah maka ini ada namanya thaut namanya thaut sedangkan mereka yang disembah selain Allah namun mereka tidak Rida ya seperti Nabi Isa alaihi salam uzair ya para wali-wali Allah yang disembah selain Allah dan mereka tidak Rida mereka disembah selain Allah maka mereka bukanlah tha ya jadi jangan sampai ada mengatakan Nabi Isa itu tidak beliau tidak Rida Dis disembah oleh kaum oleh kaumnya ya yang Rida itu yang namanya thaagud yang Rida itu yang thaagud Ya ini yang harus kita pahami maasyir muslimin rahimani warahimakumullah keikhlasan adalah hakikatuddin ya intisari dari agama ini ya adalah mengikhlaskan ibadah kepada Allah subhanahu wa taala ya disebut oleh para ulama sebagai hakikatnya di agama ini adalah mengikhlaskan ibadah kepada Allah Taala maka keikhlasan adalah lubbul ibadah dia merupakan isinya kandungannya ibadah itu adalah ikhlas k Allah subhanahu wa taala wahuaahuwatir Rasul dan keikhlasan itu merupakan kunci dakwah Para Rasul adalah
15:57
menyeru umat-umat mereka untuk mengikhlaskan amal-amal ibadah mereka hanya kepada Allah subhanahu wa taala dan tidaklah mereka diperintahkan kecuali untuk mengikhlaskan ibadah mereka kepada Allah subhanahu wa taala demikian pula Allah berfirman dalam surat alanbiya ayat yang ke-25 [Musik] Dan tidaklah kami mengutus sebelum engkau wahai Muhammad seorang rasul pun melainkan kami wahyukan kepada rasul itu bahwasanya tiada sembahan yang hak kecuali aku yaitu kecuali Allah fa'budun maka sembahlah beribadahlah kalian kepada kepada Allah kemudian dalam surah an-nahal atau surah surah annahl ayat ke-36 Allah subhanahu wa taala berfirman Allah telah mengutusadatiap umatorang rasul danap rasul itu mengatakan kaum mereahlahan beribadahlahalian kepada Allah dan jauh dari menyah dan [Musik] sembah dia Rida disembah Dia adalahut kemudian Allah Taala berfirman pada ayat ke-45 dari surah zuhruf Allah Azza waalla berfirman wasal Man arsal dan tanyakanlah Wah Muhammad
17:50
kepada siapa saja yang kami utus mereka sebelum engkau dari para rasul itu Apakah kami jadikan Ya selain Allah itu sembahan-sembahan yang mereka sembah jawabannya tidak ya Allah setiap mengutus para rasul yaitu untuk membawa misi agar umat-umat mereka beribadah hanya kepada Allah subhanahu wa taala muslimin rahimahimakumullah Oleh karena itu Allah Azza waalla memerintahkan ya supaya kita ya beribadah k Allah Taala atau mengikhlaskan ibadah hanya kepada Allah subhanahu wa taala maka semua apa saja yang Allah perintahkan pada kita itu berkaitan dengan ibadah maka harus kita persembahkan murni semata-mata hanya untuk Allah subhanahu wa taala mengapa hal ini menjadi penting karena manusia hidup ya dia selalu didatangi oleh setan membisiki sesuatu dalam dalam dirinya ya Sehingga setiap saat para Syan itu baik dari golongan jin dan manusia selalu membisiki agar seorang tidak ikhlas dalam dalam ibadahnya entah disadari atau tidak disadari atau tidak bahwa setan selalu merongrong setiap orang beriman Bagaimana supaya mereka itu melakukan kesyirikan kepada Allah
19:27
Subhanahu wa taala dan ini yang harus Kita waspadai makanya kewajiban kita ya yang memiliki hati ya hendaknya selalu memeriksa hati kita ya setiap hari kalau seorang punya mobil mewah punya rumah yang mewah itu dia periksa setiap hari mana kira-kira yang kotor dibersihkan ya Mana kira-kira yang kurang itu disempurna disempurnakan ya itu harta dunia yang akan ditinggalkannya Karena manusia kalau mati meninggalkan segala-galanya yang dibawa hanya mungkin 9 m kain kafan kurang lebih r00.000 atau Rp300.000 ya itu yang dibawa ya dengan amal amal ibadah yang yang dikerjakannya dan amal perbu perbuatannya nah Oleh karena itu kita harus selalu memeriksa niat-niat kita ya ibadah kita ya kepada Allah subhanahu wa taala harus kita periksa setiap hari ya dan benar apa yang disabdakan oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam ala wa jasadi ketahuilah bahwasanya dalam jasad ini ada segumpal segumpal daging apabila segumpal daging ini baik maka seluruh amalan fisik kita akan baik amalan mata telinga kaki tangan dan
20:58
seterusnya nya apabila segumpal daging ini baik maka akan baik tetapi apabila segumpal daging itu rusak maka semua amalnya yang amal fisiknya pun akan akan rusak ya semua amal fisiknya akan rusak Nah Oleh karena itu yang patut kita pahami dari seluruh anggota badan kita ini yang ingin dikuasai oleh setan ingin diduduki oleh setan adalah hati yaitu segumpal daging itu adalah Hati nah ini yang diupayakan oleh setan bagaimana dia menduduki hati seorang hamba Allah kalau sudah didudukinya dia akan menguasainya maka dari itu sebelum hati ini diduduki oleh setan ya dan dikuasai hleh setan hendnya seorang mukghiiya dengan amal-amalalilub dan amal-amal hati amal-amal amal hati ini adalah penghias hati itu dan dia menjadi benteng bagi hati dari masuknya setan apakah amalan-amalan hati itu dan ini yang selalu diperhatikan oleh para Salaf Saleh dahulu ya yang mereka cermati niat mereka hati mereka amal hati itu adalah iman kepada Allah Allah mengikhlaskan ibadah pada Allah cinta kepada Allah takwa kepada Allah ya inabah ilallah kembali kepada Allah Raja berharap
22:40
kepada Allah takut kepada Allah itu adalah di antara amalan-amalan hati apabila hati kita ini Makmur dengan amalan-amalan hati itu maka setan akan sulit untuk masuk ke dalam hati seorang hamba hati seorang mukmin tapi ketika manusia lalai ya dari menjaga hatinya ya dari memelihara hatinya dari amalan-amalan hati itu maka dengan mudah akan dimasuki oleh oleh setan akan dimasuki oleh setan dengan mudah karena hatinya tidak terbentengi ya oleh hal-hal yang menjadi benteng bagi bagi hati itu salah satu benteng hatinya adalah keikhlasan pada Allah subhanahu wa taala ya makanya orang-orang yang Mukhlis ya setan tidak akan mampu ya untuk menggodanya untuk merayunya untuk menguasai hatinya kalau dia betul-betul ikhlas hanya kepada Allah subhanahu wa taala gambaran ikhlas yang paling nyata ya adalah derajat tertinggi dari umat ini yaitu derajat alihsan anta'budallaha kaaka taroh engkau beribadah menyembah Allah seakan-akan engkau melihat Allah takun kalaupun engkau tidak melihat Allah maka kamu yakin bahwa Allah melihatmu ya Ini alihsan ini yang
24:14
membuat seorang itu selalu ikhlas dalam beribadah P Allah Taala dia tidak peduli dengan manusia dia tidak peduli dengan ucapan-ucapan gosip-gosip manusia selama dia beribadah menghadap Allah seakan-akan Dia melihat Allah maka dia tidak peduli dengan semua yang ada di Sek sekelilingnya nah derajat ini derajat tertinggi jadi derajat keim keimanan derajat Ihsan ini ada dua tingkatan Tingkatan pertama adalah martabatul musyahadah ya martabatul musyahadah engkau beribadah menyembah Allah seakan-akan engkau melihat Allah ini namanya martabatul almusyahadah seorang beribadah seakangan dia melihat melihat Allah Kalaupun dia tidak melihat Allah maka turun derajatnya kepada rutbatu atau martabatu almuraqabah almuraqabah itu merasa dia dipantau kalaupun engkau tidak melihat Allah engkau yakin Allah melihatmu ya maka ini derajat tertinggi yaitu dua e al alihsan itu ketika seorang beribadah dia hanya melihat memandang pada k Allah Taala dia tidak peduli dengan siapapun yang ada di sekelilingnya yang niatnya
25:32
hanya untuk Allah Taala Kalaupun dia tidak melihat Allah maka dia merasa bahwa dia dipantau oleh oleh Allah Taala dilihat oleh Allah subhanahu wa taala kita sekarang ini kalau berjalan di satu tempat di situ ada CCTV ya kita akan mengatakan hati-hati loh ya itu ada CCTV seorang gak berani macam-macam karena khawatir di di di direkam oleh CCTV itu sehingga dia menjaga perbuatannya perkataannya Subhanallah padahal itu ciptaan manusi manusia ya dan itu kita khawatir karena manusi manusia padahal sebetulnya Islam tah mengajarkan pada kita tentang muraqabah ini yaitu dengan hadis Jibril yang datang kepada Nabi alaihiatu wasalam anbudallah kaaka faam takun fainnahu Yar ketika sayidina Umar radhiallahu Anhu dalam satu Safar Kemudian beliau menemui seorang penggembala kambing lalu dia mengatakan ya kepada penggembala itu minta satu ekor kambing ya yang akan dibayar kata penggembala itu dia tak berani karena ini bukan punya punya dia ini Umar ingin menguji penggembala itu itu kata Umar Bin Khattab l kan tuannya tidak tidak
27:04
melihat engkau bisa bilang aja kepada tuannya satu ekor kambing itu dimakan oleh ser Serigala Apa jawabannya si penggembala itu waallah ya Amirul Mukminin di mana Allah wahai Amirul Mukminin di mana Allah ini Allah melihat walaupun tuanku tidak tidak melihat tapi Allah subhanahu wa taala melihat ya jadi ikhwani fillah akhwat illah ya kita ini harus betul-betul ya pertama kali menjaga hati-hati kita ini ya kita selalu membersihkannya menghiasinya dengan amal alqulub dan amalan-amalan hati itu di antara amalan amal Qulub adalah takwa kata nabi Alaihi Wasalam attqwauna attwaunawauna takwa itu di sini ya artinya kalau hati itu takwa k Allah Taala maka seluruh anggota badannya akan takwa kepada Allah subhanahu wa taala maka ya satu hal yang ya harus kita perhatikan yaitu tanamkanlah atau kita Tanamkan dalam hati kita ketakwaan kada Allah subhanahu wa taala kalaupun seorang terjerumus dalam dosa segera dia kembali pada Allah subhanahu wa taala Karena bagaimanapun manusia ya tetap
28:21
manusi manusia bisa saja Dia berbuat kesalahan ya karena dia manus Manusia tidak ada manusia yang luput dari dosa Tidak ada manusia yang luput dari maksiat makanya an nabi Alaihi Wasalam ketika menasihati umatnya yang nasihat ini Di disampaikan kepada dua orang sahabat Abu Dzar dan Muad Bin Jabal kata nabi Alaihi Wasalam ittaqillahta bertakwalah kamu kepada Allah di mana pun kamu berada ini adalah hak Allah untuk bertakwa pada Allah di manaun kita ber berada Entah di kantor di masjid di jalan di udara ya di daratan di lautan ya Di mana pun kita berada kita bertakwa pada Allah subhanahu wa taala kecuali di kub di kuburan sudah tidak ada waktu untuk takwa dalam kubur dalam kuburan itu hanya waktu penyes penyesalan kalau sudah masuk dalam liang liang lahad Selama masih ada di atas daratan ini masih ada iman dalam diri kita ittaqillah haitta bertakwalah kamu kepada Allah di mana pun kamu berada dan saat nabi alaih wasalam menyadari bahwa bagaimanap pun seorang yang beriman seorang bertakwa dia berusaha untuk bertakwa namun dia adalah manusia ya dia
29:42
adalah man Manusia Biasa maka Kemudian beliau memberikan wasiat yang kedua ya waala dan Ikutilah satu perbuatan buruk dan kamu melakukan perbuatan yang yang baik artinya suatu saat manusia bagaim manapun dia berupaya bertakwa kepada Allah Taala dia sesekali terjerumus dalam dalam dosa apa kafarahnya apa jalan keluarnya berbuat baik setelah seorang berbuat berbuat dosa ya para ulama menyebutkan di antara Imam Ibnu Rajab alhambali rahimahullah tentang berbuat baik setelah setelah berbuat dosa atau berbuat yang jelek yang pertama adalah bertobat k Allah Taala bertobat kepada Allah subhanahu wa taala yang kedua istigfar minta ampun pada Allah subhanahu wa taala yang ketiga adalah memperbanyak amal-amal keba kebaikan ya Karen Innal hasanat yibiat sesungguhnya perbuatan-perbuatan baik itu akan menghapus perbuatan-perbuatan yang yang buruk ya makanya dianjurkan oleh Nabi Alaihi salatu Wasalam apabila seorang tidaklah seorang muslim Dia berbuat dosa kemudian dia berwudu dan dia salat dua rakaat melainkan Allah
30:56
akan mengampuni mengampuni dosanya Ya itu namanya salat Taubah salat tbat ini bukan tiap hari ya karena ada sebagian orang setiap hari salat tobat pagi salat tobat siang salat tobat malam salat tobat itu tidak ada tuntunannya ya salat tobat tiap tiap hari ketika seorang terjelumus dalam dosa kemudian dia menyesali perbuatannya maka berwudulah salatlah dua rakaat dan minta ampun kepada Allah subhanahu wa taala maka Allah akan mengampuni dosa seorang hamba tersebut kemudian ya wasiat yang ketiga kata nabi alaihiu wasam dan gaulilah manusia dan Akhlak Yang Mulia ini Kalimat pertama hak Allah bertakwa P Allah itu hak Allah kewajiban kita pada Allah kalimat kedua atau wasiat kedua berbuat baik setelah berbuat kejelekan in hak diri kita Haki kita kewajiban kita kepada diri kita kalau berbuat dosa ber P Allah subhanahu wa taala sedangkan yang ketiga ini hak sesama manus manusia agar berakhlak yang Mul yang mulia karena akhlak itu bagaimanapun adalah misi Rasulullah
32:10
Sallallahu Alaihi Wasallam ya kita ini mengetahui bahwa misi nabi Alaihi Wasalam adalah untuk mengajarkan manusia tauhid memberantas kes kesyirikan ya Tapi beliau ketika bersabda Beliau mengatakan apa In iway dalam kitabnya ya ini Daru untuk men akhlak yang Mul ya ituway aladabul Mufrad sedangkan in aklq ini riwayat Imam albaihaqi riwayat Imam Al albaihaqi dua-duanya sahih sesuaikan para ulama intinya adalah ya beliau memerintahkan ya bahwa beliau diutus oleh Allah Taala adalah untuk memperbaiki akhlak yang yang mulia akhlak kepada Allah akhlak kepada orang tua akhlak kepada ee tetangga akhlak kepada teman akhlak kepada para sahabat dan seterusnya ya ini tentang akhlak jadi ee bahwasanya manusia ketika dia berupaya untuk memakmurkan hatinya dan ketakwaan pada Allah Taala mungkin suatu saat dia akan berbuat berbuat dosa maka diberikan jalan keluar oleh Nabi alaihiatu wasalam kemudian dalil yang dalil-dalil dari alquranul Karim yang
33:54
menunjukkan bahwa memang kita diperintahkan untuk mengikhlas ibadah k Allah Taala dalam semua ibadah yang kita miliki ya di antaranya ayat yang saya bacakan tadi surat albayyinah ayat kelima W umiruullahlinaa dan Tidaklah aku diperintahkan tidaklah mereka diperintahkan kecuali untuk mengikhlaskan amal ibadah mereka itu hanya kepada Allah J bersikap lurus ya siap condong kepada tauhid meninggalkan kesyirikan condong kepada Alhaq meninggalkan keb kebatilan itu artin Hunafa sama dari Hanif Hanif itu artinya condong ya miring dari Hanif tapi dia condong kepada Keben kebenaran dan menjauhi keb kebatilan condong kepada tauhid meninggalkan kesyirik kesyirikan itu disebut dengan nama eh agama Nabi Ibrahim Alaihi Salam yaitu agama Hanif yaitu agama tauhid yang cenderung kepada tauhid meninggalkan kesyirikan cenderung kepada kepada kebaikan ya kepada kebenaran dan meninggalkan ke kebatilan kemudian ayat yang kedua ya Allah Taala berfirman dalam surah al-an'am ayat 162
35:16
163 Qul Inna shati wusuki wahyaya waamati lillahibabbil alamin la syarikaalahu Katakanlah Muhammad Allah memintahkan kepada Nabi Al untuk memberi conh kepada seluruh manusia apagi umatnya agar beliau membuat pernyataan perataan keikhlasnya kepada Allah subhahu wa taal yaatakuhamm mahyaya hidupku wamati dan kematianku lillahiabbil alamin hanya untuk Allah rabbul alamin laariku ini penekanan tiada sekutu baginya W muslimin dan demikianlah aku diperintahkan dan Aku adalah orang muslim pertama dari umat ini yang mengikhlaskan amal kepada Allah subhanahu wa taala bahkan mengiklaskan ibadahnya kehidupannya dan kematiannya hanya kepada Allah subhanahu wa taala jadi ayat ini adalah ya ketika nabi wasam ketika Allah memerintahkan Rasul alaii wasam untuk mengatakanuk DII Arya bisa diartikan amalan-amalan Haji atau umrah itu nusuk ya itu nusuk namanya ya tapi para ulama juga menyebutkan amalan ibadah secar secara umum sungguhnya salatku ya ibadahku entah itu
37:00
Haji atau umrah atau zakat atau puasa atau yang lainnya dari ibadah-ibadah aku diperintahkan oleh Allah hidupku dan matiku hanya untuk Allah rabbul alamin Maka manusia ya yang merelakkan semua kehidupannya semua amalnya semua ibadahnya hanya untuk Allah bahkan kematiannya hanya untuk Allah Taala yang pertama kali melakukannya adalah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam ya untuk beliau memberikan contoh kepada umatnya maka beliau diikuti oleh para para sahabat ya beliau diikuti oleh para sahabat mereka mengorbankan segala-galanya Ya hanya untuk untuk Allah subhanahu wa taala nah ini masalah berkaitan dengan keikhlasan yang tempatnya adalah dalam hati manusia ya ikhlas karena Allah Taala demikian pula berdakwah ya berdakwah itu jangan mencari popularitas jangan mencari duit harta dunia jangan mencari pengaruh ya dan yang lainnya jangan mencari puji pujian Jangan untuk sumah supaya didengar kemudian di dipuji oleh manusia itu akan merusak dakwah S seseorang jangan berdakwah untuk menjadi polisi Manhaj ya niatnya menjadi polisi Manhaj akan ditolak oleh Allah subhanahu wa taala tapi sehendaknya benar-benar karena
38:27
Allah subhanahu wa taala ya karena keberhasilan dakwah tidak dilihat dari jumlah manusia yang yang mengikuti dakwah itu ya keberhasilan dakwah tidak dilihat dari jumlah kuantitas orang yangik yang mengikuti dakwah itu yang pertama kali dilihat adalah tugas para Dai menyampaikan risalah Allah kepada manusi manusia Adapun ikut atau tidak ikut mereka taat atau tidak tidak taat itu urusan Allah subhanahu wa taala karena kalau kita mengukur ya bahwa keberhasilan seorang Dai dan melihat jumlah orang yang banyak maka nanti nauzubillah kita akan berprasangka buruk pada para para nabi yang hanya pengikutnya tiga orang pengikutnya Hanya dua orang pengikutnya hanya satu orang bahkan ada nabi yang tidak punya pengikut lantas Apakah kita mengatakan nabi Ini gagal dalam dalam dakwah Ya tentu tidak karena tugas para nabi menyampai menyampaikan demikian pula tugas pewarisnya adalah menyampai menyampaikan risalah Allah menyampaikan risalah Allah itu tugas para pewarisnya yaitu para para ulama Al ulama waratul Anbiya ya maka warisan mereka ya dalam dalam berdakwah adalah menyampaikan risalah Allah subhanahu wa taala dari ilmu yang mereka terima Mereka belajar
39:55
dari ilmu para para nabi ya untuk menyampai menyampaikan kemudian apabila kita melihat keberhasilan itu dari sisi-sisi yang lain Entah itu dari kerabat ya kadang-kadang ada manusia Demikian Ya lah orang ini pintar ceramah tapi istrinya gak pakai jilbab anak perempuannya gak pakai jilbab itu bukan jadi ukuran Ya Nabi Nuh alaih salam putranya tidak mau naik kapal itu Nabi Nuh ya usianya 950 tahun segala metode dakwah sudah disampaikan oleh Nabi Nabi Nuh alaihalam kemudian kita mengatakan beliau gagal apa begitu ya tidak ya tidak istrinya pun demikian dia beriman kepada nabi nabi Nuh alaih salam anaknya salah satu anaknya tidak beriman kepada beliau ya Maka jangan kitajadikan ukuran ya yang terpenting bagi kita risalah itu tersampaikan kepada kita kita bersyukur k Allah Taala Alhamdulillah ya jangan kita karena tidak mau menerima risalah itu kemudian mengotakati keluarga keluarga da Dai istrinya anaknya itu ya itu bukan urusan kita ya itu bukan urusan kita karena ada manusia-manusia yang lebih mulia dari kita ya kerabat mereka tidak beriman kepada M mereka jadi jangan jadi ukuran ya seorang rumah tangga didiklah
41:27
istrimu anakmu keluargamu kalau mereka mau Alhamdulillah ya tidak mau berdoalah mohon pada Allah Taala Semoga Allah memberikan Hidayah memberikan petunjuk ya Jadi ini di antara e barometer-barometer dakwah itu bukan dilihat dari keluar keluarga da Dai bukan Dilihat dari jumlah kuantitas orang yang ikut dakwah itu tidak ya tapi yang mau mengikuti kebenaran walaupun sedikit maka itu yang di diterima itu yang dinilai oleh Allah subhanahu wa taala asekh Abdul Aziz bin bas rahimahullah taala Beliau pernah mengajar di Masjid Nabawi ketika menjadi Rektor kemudian ada orang bisiki Syekh ini yang ngikut kajianmu itu sedikit ya Syekh apa kata Syekh rahimahullah taala seandainya satu orang yang duduk depanku aku ada Ikhlas untuk berdakwah untuk mengajarkan orang itu satu orang ya Akuan mengajar meng arkan nah ini contoh-contoh bagaimana mereka para ulama kita dalam keikhlasan mereka berdakwah kepada Allah subhanahu wa taala maka ikhlas ini adalah sangat amat sangat penting bagi seorang seorang Dai ya untuk ikhlas dalam berdakwah demikian pula kita
42:46
almadu harus ikhlas k Allah Taala ya menerima apa yang diajarkan oleh Allah dan rasulnya walaupun kadang-kadang bertentangan dengan hati kita ber tentangan dengan sarubari hati yang paling mendalam itu harus ditolak ya dan harus men menerima apa yang diperintahkan yang diajarkan oleh Allah dan rasulnya Sallallahu Alaihi Wa alihi wasallam kemudian ayat yang ketiga yang menjelaskan pada kita tentang keikhlasan itu Allah Taala berfirman dalam surat azzumar ayat 2 dan ayat Inna anzalna ilaikal kitaba bilhaq Sesungguhnya kami telah menurunkan pada engkau wahai Muhammad Alkitab yaitu alquranul Karim bilhaq dan membawa [Musik] kebenaranahudah maka beribadahlah kamu kepada Allah dan mengikhlaskan ibadahmu hanya untuk hanya untuk Allah ya alillahul khis ketahuilah bahwasanya yang milik Allah yang diterima oleh Allah hanyalah ibadah yang yang murni ya itu yang diterima oleh Allah Taala maka ibadah-ibadah yang bercampur dengan niat-niat yang selain keikhlasan
44:09
itu dapat merusak ya amal tersebut merusak ibadah itu ya J merusak amal ibadah yang kita lakukan anab alaihiatu wasalam Beliau mengatakan rakatal Fajri dua rakaat salat sunah sebelum subuh itu lebih baik daripada dunia dan seisinya dua rakaat ya tapi yang seperti apa dua rakaat ini yang diikhlaskan betul-betuladaada Allah subhanahu wa taala ya dua rakaat ini salat pribadi ya setiap orang melakukannya artinya pribadi dia tidak berjamaah tapi ketika seorang ikhlas karena Allah Azza waalla maka dua rakaat salat subuh itu lebih baik daripada dunia dan dan seisinya ini ibadah sendiri untuk PR pribadi nah bagaimana ibadah yang kaitannya dengan memberi manfaat kepada umat kalau betul-betul diikhlaskan oleh orang yang menyampaikan pada umat itu dan dan ikhlas karena Allah Taala bagaimana mana fadilahnya ya seperti mengajarkan ilmu ya mengajarkan al-qur'an pada orang yang tidak bisa baca al-quran Tapi dan ikhlas karena Allah Taala supaya orang ini bisa membaca al-qur'an Nanti orang ini yang muridnya mengajar pada muridnya dan
45:41
seterusnya Bagaimana Fadilah dan pahalanya ya Tapi semua itu harus ikhlas karena Allah Taala harus ikhlas karena Allah Taala makanya kata Sebagian ulama ya imalabul Abdi B tauhid hanat Alaihi Dunya kalau hati seorang mukmin telah penuh dengan Tauhid ikhlas pada Allah dan ibadah maka dunia itu tidak ada apa tidak ada apa-apanya dunia yang kita rebut yang kita cari yang kita kejar G ada apa-apanya kalau kita hati kita penuh dengan keikhlasan P Allah subhanahu wa taala masir muslimin rahimani warahimakumullah kemudian di dalam surah surah azzumar ayat ke-11 dan ayat ke-12 Allah subhanahu wa taala berfirman Qul inni umirtu an a'budallaha mukhlisan lahuddin Katakanlah wahai Muhammad Sesungguhnya aku diperintahkan ya Sesungguhnya aku diperintahkan an a'budallah agar aku menyembah hanya kepada Allah mukhlisan lahudin dengan mengikhlaskan ya hanya untuknya akan iba agama ini atau ibadah ini itu perintah Allah kepada Nabi Alaihi Wasalam
47:07
kemudian ketika nabi Sallahu Alaihi Wasallam dalam ayat ini beliau menyebutkan aku diperintahkan ini berarti bukan khusus untuk beliau ya sama dengan firman Allah Qul inati wusi Wah wbilamin itu untuk bukan untuk beliau saja tapi untuk seluruh umatnya ya ingin menjadi orang yang mendapatkan rahmat dari Allah ampunan dari Allah surga Allah Rida Allah harus mengikuti orang-orang yang mengikhlaskan ibadah mereka hanya kepada Allah subhanahu wa taala yaitu para para nabi para rasul di antaranya nabi kita Muhammad Sallallahu Alaihi W Al wasallam dalam beribadah kepada Allah subhanahu wa taala ya beliau ikhlaskan ibadah ini hanya untuk Allah subhanahu wa taala makanya ketika malakul maut datang menjemput nabi alaihi wasalam di pangkuan Aisyah Ummul mukminin radhiallahu taala anha ya kata nabi Alaihi Wasalam Aril Aa kata Aisyah aku tahu dari omongan beliau itu bahwa tidaklah karena beliau pernah bersabda tidaklah Seorang nabi akan meninggal kecuali ditawarkan oleh malakul maut itu mau dunia atau akhirat maka nabi
48:22
wasallam memilih Allah subhanahu wa taala ya [Musik] maasir muslimin rahimani warahimakumullah Apa sih makna ikhlas itu kita bicara masalah ikhlas dalilnya ya para ulama menyebutkan ya sebagaimana dinukil oleh Imam Ibnu qayyim rahimahullah taala ya Beberapa definisi tapi maknanya kurang lebih sama kata Al Imam Ibnu qayyim rahimahullah taala al-ikhlas ifradul Haqi Subhanahu bilqasdi Fit thati mengesakan Allah subhanahu wa taala dalam tujuan kita ketika taat pada Allah Taala khusus hanya untuk untuk Allah dalam melaksanakan semua ketaatan yang Allah perintahkan pada kita kita murnikan kita hanya untuk mengesakan Allah subhanahu wa taala ini definisi pertama definisi kedua kata beliau wqila ada juga Sebagian ulama yang mengartikan keikhlasan itu adalah tasfiatul f'ulahtil makluin tasfiatul fiil ya ya yaitu menyaring memurnikan membersihkan amal perbuatan dari pandangan manusia dari perhatian manus Manusia itu ikhlas namanya seorang
50:10
membersihkan perbuatannya amal ibadahnya dari pandangan manusia Mungkin ada yang bertanya ya Apa boleh seorang laki-laki tidak salat berjamaah karena takut dilihat oleh manus Manusia jawabannya tidak ya karena amal manusia ada dua macam ya amal-amal ibadah ada dua dua macam ada amal yang bisa dirahasiakan seperti sedekah sedekah yang bersifat sukarela ya yang disebutkan oleh Nabi sahu alai wasallam tentang Tujuh golongan yang mereka akan mendapatkan Nawan Allah di hari kiamat kelak salah satunya adalahul dan seorang dia bersedekah dengan satu sedekah dia sembunyikan sedekahnya itu sehingga tangan kanannya tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan tangan kanannya ya contoh itu amal yang bisa di disembunyikan salat tahajud salat malam ini adalah amal yang bisa disembunyiunyikan zikir-zikir yang tidak perlu diaskeraskan bisa disembunyikan sambil berjalan subhanallah subhanallah subhanallah merenungkan ketika seorang mengatakan Subhanallah Apa arti Subhanallah itu artinya Dia sedang mensucikan Allah Taala ya makanya Fadilah Subhanallah itu
51:40
luar luar biasa besarnya ketika seorang mengatakan Subhanallah maha suci Allah itu dia sedang mensucikan Allah dari semua sifat yang tidak layak bagi Allah Taala Jadi bukan sekedar kita subhanallah subhanallah Renungkan maknanya ketika Anda mengatakan Subhanallah artinya anda sedang mensucikan Allah dari Allah dituduh oleh orang musyrikin Allah punya anak ya Allah punya istri Ya Allah itu pelit ya tangan Allah Terbelenggu dan yang lainnya dari hal-hal yang tidak layak dinisbahkan kepada Allah subhanahu wa taala itu makna dari sub Subhanallah maka maknanya besar ya maknanya luar biasa Agungnya seorang mengucap Subhanallah Dia sedang mensucikan Allah dari semua sifat-sifat yang tidak layak bagi Allah subhanahu wa taala dan ketika seorang mengatakan Alhamdulillah itu artinya Dia sedang menetapkan bagi Allah semua sifat yang sempurna hanya milik Allah Alhamdulillah karena itulah zat yang berhak mendapat puji pujian yang lainnya tidak berhak mendapat pujian yang berhak mendapat pujian hanya Allah Karena Dia Maha Sempurna dari semua Sisi kalimat-kalimat yang ringan tapi
53:00
mengandung makna yang luar luar biasa ya makanya kata nabi Alaihi Wasalam whanallah walhamdulillah tamla Wal ARD kalimat Subhanallah dan alhamdulillah itu memenuhi antara Langit Dan Dan Bumi ya mak Jangan rehkan tapi kita ikhlas memahami maknanya kita ucapkan kalimat itu ya jadi seorang ketika dia beramal di amalan yang bisa disembunyikan sembunyikan jangan ditampakkan tapi ada amalan-amalan yang tidak mungkin disembunyikan contohnya tadi itu salat berjamaah gak boleh seorang laki-laki mengatakan Aku gak mau salat jamaah kenapa Aku Takut kelihatan orang ya memang harus kelihatan Imam suaranya bagus Masyaallah ngajinya nikmat aku mau jadi imam Kenapa nanti dipuji orang didengar orang Dia rusak agama ini kalau Demikian Ya jadi amalan-amalan yang memang harus ditampakkan harus kita tampakkan ya di saat munculnya riya dalam diri kita harus di diperangi taawud Billah minyaitan mohon perlindungan pada Allah dari godaan Bisikan Setan karena itu setan yang membisik yang membisiki ya ibadah haji
54:19
umrah apa bisa disembunyikan tak bisa disembunyikan jadi amalan-amalan yang memang tidak bisa disembunyikan ya kita apabila timbul rasa RI dalam diri kita harus kita melawannya tidak boleh kita biar biarkan tapi amal-amal yang memang bisa kita sembunyikan maka sembunyikanlah ya jangan kemudian diumumkan ya salat tahajud ya pagi-pagi masuk kantor wahah Kenapa sukuantuan Iya semalam aku tahajud untuk apa ya untuk apa diumumkan Anda bertahajud ini ya cukup anda dengan Allah subhanahu wa taala cukup ya gak usah pura-pura ngantuk menguap ya terus untuk orang nanya nanti ya Kok ngantukan sih ya Iya aku tahajud semalam tanya berapa rakaat ya bisa jadi setan masuk bilang aja 11 rakaat padahal mungkin hanya l Li rakaat setan masuk dari berbagai macam pintu maka amalan-amalan yang bisa sembunyikan sembunyikanlah amal itu ya jangan sampai diketahui oleh manusia tetapi ketika amal itu harus ditampakkan timbul rasa Ria kita harus untuk apa melawan Ria itu ya kemudian ada seorang
55:35
dia ibadah dengan niat misalnya dia salat dengan salat yang benar Tata caranya tujuan di hikmah atau tujuan dia diantara supaya dia mengajarkan pada orang pada orang lain tentang salatnya nah Apa hukumnya ini Sebagian ulama mengatakan boleh seorang salat yang membaguskan salatnya agar orang lain menjadikan dia contoh itu tidak tidak mengapa selama dia tetap luruskan luruskan niatnya tetap dia luruskan niatnya karena Allah subhanahu wa taala jadi keikhlasan di antara maknanya adalah tasfiatul F multil maklin membersihkan amal-amal kita dari mulahadatul dari perhatian manus Manusia kemudian definisi yang lainnya yang juga disebutkan oleh Imam Ibnu qayyim di antaranya yang dimaksud yang Ikhlas itu adalah istiwau amalil Abdi fahir Wal batin yaitu kesamaan amal seorang hamba antara yang tampak dan yang tersembunyi itu tidak berubah entah dia di tengah orang banyak ya seperti itu amalnya ketika dia sendirian ya seperti itu amalnya ya itu di antara makna dari ee dari keikhlasan sedangkan wariya Riya itu adalah an
57:07
yakunairuhuiron Min batini R itu adalah seorang amal lahirnya lebih bagus daripada amal batinnya Jadi apa yang disembunyikan ya tidak lebih bagus daripada apa yang Yang ditampakkan itu Ri namanya karena ada tujuannya supaya dilihat oleh manusia ya supaya dilihat oleh manusia kemudian juga diantara definisi keikhlasan yaitu [Musik] alikhlas ini seperti yang saya singgung pertama alsanikl keikhlasan itualah seorang melupakan pandangan manusia dia makan pandangan manusia dengan senantiasa memandang hanya pada Allah Taala dia beribadah seperti dia melihat Allah dia tidak peduli dengan manusia ya karena niatnya adalah karena karena Allah subhanahu wa taala itu di antara definisi-definisi dari alikhlas yang disebutkan oleh Al Imam Ibnu qayyim rahimahullah taala rahmatan wasiat kemudian Apakah keikhlasan itu ada tanda-tandanya ya tanda seora itu ikhlas apa ada tandanya para ulama menyebutkan atau Sebagian ulama mengatakan di antara tanda-tanda keikhlasan itu adalah ketika seorang beramal ya dia tidak mengharapkan kecuali apa yang Allah janjikan baginya
58:57
dia tidak mengharapkan kecuali apa yang Allah janjikan padanya berupa pahala ganjaran dan itu ikhlas karena sebagian aliran yang menyimpang mengatakan kalau kamu masih mengharapkan pahala dari Allah tidak tidak ikhlas Lah terus kita beramal semua yang mengharapkan karunia dari Allah ganjarannya ridanya cintanya ya itu yang kita lakukan Karena mengharapkan sesuatu dari dari Allah kita mengharapkan pamrih dari Allah Taala dan itu dibolehkan yang tidak benar adalah mengharapkan pamri dari manus Manusia minta pujian Sanjungan ya dan yang lainnya Dar hal-hal dunia duniawi tapi kalau seorang mengharapkan ganjaran di sisi Allah ampunan dari Allah Rida Allah maka itu adalah perintah agama Allah a berfirman dalam surah Ali Imran ayat ke-133 ya Allah Taala berfirman Dan bersegeralah bersegeralah jangan menunda-nunda berbuat berbuat ke kebaikan dan bersegeralah yang menuju atau untuk menggapai ampunan dari Rabb kalian dari Tuhan kalian wannatin dan surga amawat Wal ARD yang luasnya Seluas Langit Dan Bumi Allah menyuruh kita
01:00:40
mencari ampunan Allah dan Mencari Surga itu Allah perintahkan Allah yang memerintahkan bukan siapa-siapa memerintahkan tapi Allah subhanahu wa taala yang memerintahkan kita untuk mengejar ampunan Allah Mengejar Surga Allah mengejar Rida Allah subhanahu wa taala Jadi yang pertama adalah di antara tanda alamat daripada keikhlasan seorang ketika dia beramal dia tidak mengharapkan kecuali wajah Allah subhanahu wa taala dan apa yang Allah janjikan padanya satu pahala ganjaran ampunan Rida itu yang diharapkan dari Allah subhanahu wa taala ya dia tidak mengharapkan duit atau harta ya Allah Taala menjelaskan tentang dalam alquranul Karim dalam surah alanbiya di antaranya adalah apa yang disebutkan oleh Nabi Nuh Alaihi Salam W asukumaijinamin Aku tidak mengharapkan dari kalian upah Aku mengharapkan ganjaran dari rabbul alamin dari rabbul alamin dari Allah subhanahu wa taala surah asyuara ayat ke-900 ayat ke 101 ya Kemudian yang kedua alamat dan tanda yang kedua dari
01:02:11
tanda-tanda keikhlasan seorangakuna amalusahu minaniah amal yang dilakukan secara rahasia tersembunyi itu lebih Afdal dari amal yang dia tampakkan pada manus Manusia dia selalu berupaya ketika dia mengerjakan suu amal yang tertutup itu lebih baik daripada amal yang terbuka ya ya kalau kan sebagian manusia berbeda amal yang tampah lebih diindah diindahkan daripada sendiri sendirian ya ini ada pada sebagian sebagian orang tapi justru tanda keikhlasan itu Keti kea dia mengerjakan amal yang rahasia ya amal yang perlu disembunyikannya itu lebih baik daripada amal yang ditampakkan di antara dalilnya adalah hadis seorang bersedekah tadi yang dia menyembunyikan sedekahnya sehingga tangan kanannya tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya yang ketiga di antara tanda alamat keikhlasan adalah nafs kita ini harus selalu San pada nafsu kita ini pada diri kita ini ya karena nafsu itu amarun nafsu itu selalu memerintahkan yang yang buruk ya jangan pernah berbaik sangka pada hawa hawa nafsu kita karena hawa nafsu itu dia menginginkan sesuatu dia
01:03:52
menginginkan kepuasan dia menginginkan jjian manusia dia menginginkan Sanjungan itu harapan nafsu ini ya maka kita harus ya selalu Sudan kepada diri kita ini hawa nafsu yang ada dalam dalam diri kita jangan percaya kalau ada bisikan-bisikan yang kira-kira menunjukkan negatif Jangan percaya itu setan atau nafsu kita yang membis yang membisikinya harus D dilawan harus dilawan kemudian dan di antara alamat tanda yang keempat dari alamat-alamat tanda keikhlasan seorang adalah istiwaul madhi Wam antara pujian dan celaan bagi dia itu sama tidak ada bedanya ya entah dia dipuji entah dia di di dicela ak urusan selama dia mengerjakan sesuatu karena Allah Taala maka antara pujian dan antara celaan itu tidak ada bedanya dia menerima ya jadi istiwa almadah Wam ya karena seorang yang Mukhlis dia mengerjakan amal-amalnya sesuai dengan Rida Allah subhanahu wa taala itu yang diharap diharapkan dia maka manusia Puji dia atau manusia mencela dia ada urusan Aku mengharapkan Rida Allah subhanahu wa taala yagharapkan Rida Allah subhanahu
01:05:23
wa taala ya kemudian ada satu riwayat dari ucapan Salaf di antaranya ada ucapan Abu Bakar Siddiq radhiallahu Anhu ketika ada orang memuji beliau ya itu beliau berdoa pada Allah Taala Allahumma la tuakidni Bima yaakulun Ya Allah jangan engkau menyiksa aku mengazab aku lantaran ucapan-ucapan mereka pujian-pujian mereka Ya Allah ampunilah aku apa-apa yang mereka tidak ketahui tentang tentang diriku kemudian dan jadikan aku lebih baik dari apa yang mereka yang mereka duga ya ini diantara diriwayatkan dari abiddiq radallahu kalau ada orang memuji beliau beliau berdoa Allah Taala Allah Ya Allah janauab aku jangau Bersi aku karena lantaran pujian-pujian mka at apaet Karena manusia dietu dia tidak tahersun orang ini maka Min Allah Unan agar Allah menguni ya peruatan Yang diketus dan jadikanlah aku lebih baik daripada apa yang mereka duga dari apa yang mereka S sangka ya agar aku lebih baik dari dari itu masasir muslimin rahimani warahimakumullah ya jadi keikhlasan ini sesuatu yang tidak
01:07:21
ringan nanti kalau Ustaz Nul datang bilang ya kalau kalau sudah datang ke S di antara hadis-hadis yang menjelaskan tentang keikhlasan yang paling masyhur adalah hadis Umar Bin Khattab radhiallahu Anhu tentang ni niat innamalalu bin binniat wa innamaulriin Ma Nawa suesungguhnya ya amal-amal seorang itu tergantung pada hanya tergantung pada pada niatnya dan balasannya pun demikian hanya tergantung pada apa yang dia niat niatkan n sinilah pentingnya kita ini selalu memeriksa niat-niat kita karena niat itu di dunia ini tersembunyi gak ada orang tahu ya tapi nanti di akhirat akan dibongkar oleh Allah Taala yair Ingatlah Hari ketiir semua rahasia dibongkar oleh Allah Taala yang sembunyikan pura-pura cinta ya pura-pura ini semua dibongkar oleh Allah Taala tapi yang betul-betul ikhlas Allah tunjukkan keikhlasannya ya Karena pada hari itu yaumubarir hari ketika semua rahasia akan ditampakkan Nah maka di dunia ini harus selalu memperbaiki niat-niat kita
01:08:45
ya niat kita karena Allah subhanahu wa taala harus kita luruskan harus kita Niati betul-betul karena Allah subhanahu wa taala makanya yang dikatakan tadi yang saya sampaikan seorang itu ya alukmin ya ataubul Abdi ya buhid hanat Alaihi Dunya kalau hati seorang manusia seorang Amba penuh dengan taabud pada Allah Taala penuh dengan Tauhid pada Allah Taala maka semua urusan dunia kecil baginya pujian manusia harta popularitas pengaruh semua kecil tak ada gunanya ya itu hanya ke kecil di hadapan hadapannya makanya dunia ketika seorang ikhlas kepada Allah Taala dunia itu datang kepada orang itu dengan hina ya kayak seorang pelacur yang menawarkan dirinya hina depan seorang hamba yang betul-betul ikhlas karena Allah subhanahu wa taala karena keikhlasan itu ya masir muslimin rahimani warahimakumullah kemudian di antara hadis-hadis nabi sallah wasallam berkaittian dengan niat dengan keikhlasan dengan hati yaitu hadis Aisyah Ummul mukminin radhiallahu taala anha ya bahwa Nabi
01:10:08
Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda la Hijr Badal Fath tidak ada lagi hijrah setelah penaklukan kota Makkah ya artinya tidak perlu lagi orang dari Makkah hijrah ke Madinah karena Madinah karena Makkah sudah menjadi Negeri muslim maka tidak ada hijrah setelah kota Makkah di ditaklukkan kemudian kata Nabi Sallallahu alaii wasallam walakin jihadun W niyatun yang ada hanya tinggal berjihad dan niat yang benar niat yang ikhlas pada Allah subhanahu wa taala ya ini menunjukkan pentingnya ni niat Ya baik dalam jihad di jalan Allah termasuk bagian dari jihad di jalan Allah adalah menyebarkan ilmu ya kita ini hidup di zaman yang luar biasa jarum jatuh hari ini seluruh dunia tahu ya alhamdulillah Tadi malam saya itu mengalami kecelakaan dengan seorang teman itu tidak sampai 1 jam Saya dapat telepon dari Australia Dapat telepon dari Madinah Ya apa Ustaz keadaannya dengar Ustaz di kecelakacelakaan Alhamdulillah an sehat walafiat ya Jadi sekarang ini zaman luar biasa seorang berbuat sesuatu langsung ya menyebar seluruhun dunia maka
01:11:33
hati-hati ya maka hati hati-hati supaya kita betul-betul luruskan niat ya juga jangan setiap akting itu disoting ya bisa jadi sinting loh orang setiap aktingting akhirnya sinting hati-hati gerak ginipret angk cepret untuk apa apa yang diinginkan dari shotingan-sotingan itu ya sembunyikan amal kita pada Allah hanya untuk Allah subhanahu wa taala kalau memang amal itu harus tersemb tersembunyi karena fitnah zaman sekarang ini fitnah Ya semua gerakging di di-share ya hati-hati ya hati-hati Ada seorang tabiin ahli hadis Ayub asiktiani rahimahullah taala seorang ulama hadis itu beliau kalau berjalan di satu tempat dilihat kira-kira jalan ini bakal disapa oleh manusia menegur dia Putar jalan lain gak mau karena takut nanti orang mengatakan Ayub datang Ayub muncul Ayub muncul saking takutnya ya Iya sekarang minta disoting ya para Salaf dulu menghindar waliyadubillah ini ujian ini fitnah kalau kita tidak mampu menahan diri kita ya kita akan ikut arus ya maka seorang berilmu tidak boleh sama
01:13:06
dengan seorang yang tidak berilmu J asal manut asal nurut iya i baik I baik ya baik gak gak boleh gak ada shoting-sotingan ya harus tegas harus tegas tapi kalau ada hal-hal yang memang perlu pelajaran bagi umat ya ya Misalnya apalah kaifiat salat misalnya ya kemudian di ini untuk mengajarkan pada umat maka Insyaallah tidak tidak mengapa tapi setiap akting harus di apa namanya di disuting kemudian di-share wallahi ya jangan kita ini manusia hati kita ini lemah ya Wan itu berupaya terusongrong hati seorang hamba Iya dari semua Sisi dipelajari oleh setan mana kelemahan orang ini ada orang kelemahan di duit dia Masuk dari pintu duit ada orang kelemahannya di Mata melihat Harim ya cantik bahaya setan masuk dari mata ada orang kelemahnya telinga mendengarkan yang maksiat misnyaat lagu-lagu musik dan lain sebagainya dimasuki dari dari Teling dan seterusnya ya setan mempelajari pribadi seorang hamba ya kita ini punya qarin tiap hari kita qarin teman kita J sy setan itu ada setiap hari menemani kita dia berupaya
01:14:28
bagaimana kita ini Cel celaka nah ini hal-hal yang kadang-kadang kurang terpikirkan oleh kita kita lupa ya bahwa ada qarin kita ini kalau qarin Nabi Sallallahu alaih wasallam itu Aslam ya beliau masuk islam itu qarinnya Rasul S Al wasallam kita ini bukan bukan Nabi ya qarinnya masuk Islam gak k manusia B biasa ya sebagimana sabda Nabi wasallam setiap manusia ada ada qarinnya ya hanya saja qarin aku kata nabi wasallam dia itu as Aslam maka dia tidak perintahkan kecuali yang yang benar jadi korinnya rasu Al wasallam itu masuk masuk Islam dan dia tidak memerintahkan kepada nabi Sallahu alai wasallam kecuali yang yang yang hak itu qarin rasulullah su Al wasallam tapi qarinnya kita naudubillah minzalik ya maka harus selalu taawud mohon perlindungan pada Allah Taala terutama masalah ni masalah niat masih banyak hadis-hadis nabi sah wasallam berkaitan dengan keikhlasan ya di antara terakhir ya kata nabi Alaihi Wasalam ya inallaha Sesungguhnya Allah tidak melihat potret tubuh kalian Allah tidak melihat harta-harta
01:15:51
kalianum akan tetapi Allah melihat hati kalian ya dan amal-amal perbuatan kalian ya sesuai atau tidak hati kalian itu niat-niat kali kalian apa-apa yang disembunyikan dalam dalam hati itu yang diperiksa oleh Allah subhanahu wa taala makanya dari seluruh bagian badan manusia ini tubuhnya yang menjadi p yang Allah melihatnya hanya hati Allah tidak membedakan tinggi pendek kurus kemuk ya kaya miskin Ya Allah ah lihat itu semua bagus atau gak bagus ganteng apa elek ya Allah tidak melihat cantik atau tidak cantik Allah tidak melihat Itu semuanya tapi yang dilihat ini ha hati ya maka bagian tubuh kita yang harus kita hiasi harus kita baguskan adalah bagian yang dilihat oleh Allah subhanahu wa taala itu hati ya itu kewajiban kita ya masir muslimin rahimakumullah dakwah Salaf ini ya sebelum Allah meng rasnya ini tentang pentingnya ya dan keikhlasan dalam dakwah kata Abdullah bin ituuruh h maka dijumpai didapati oleh Allah Taala hati muhammadlah hati yang terbaik dari seluruh hati manus Manusia hati Muhammad yang ter terbaik maka Allah memilih untuk di dirinya J Allah memilih Rasul Sallam untuk dirinya dan Allah
01:17:43
mengutus beliau dengan membawa risalah Allah kemudian filubil Ibad bada qbi Muhammadin Shallallahu Alaihi Wasallam kemudian Allah memeriksa hati-hati manusia setelah hati muhammadwaj as Ibad Muhammadin Sallahu Ali wasallam Ya Allah beriksa hati manusia setelah hati Rasul wasallam ya maka Allah jumpai Allah dapati hati para sahabatnya adalah hati yang terbaik setelah hati Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam makanya Allah memilih mereka sebagai pembantu nabi Rasul Allah untuk membela agama Allah subhanahu wa taala jadi yang dilihat pertama oleh Allah memilih seseorang itu hati ini ya hati ya bukan yang lainnya bukan hartanya kedudukannya pengaruhnya tidak hati yang dilihat makanya saya katakan ya tidak akan mengembang dakwah ini dakwah sunah ini dakwah tauhid ini dakwah Salaf ini kecuali orang-orang muklisinillah subhanu taala itu akan membawa dakwah itu yaan membawa dakwah itu selama seorang tidak ikhlas ya dia hanya mendapatkan apa yang diinginkan dari ketidakikhlasannya itu itu pun kalau Allah berikan padanya kalau tidak ya dua-duanya rugi ya dua-duanya rugi yang
01:19:15
diinginkan tidak dapat pahala tidak tidak dapat maka ikhwani Fah rahimakumullah hati-hati dalam masalah ya hati kita keikhlasan kita agar senantiasa kita ini berupaya untuk menjaga ya hati-hati kita untuk memelihara niat-niat kita karena Allah subhanahu wa taala kita sang berbuat satu hal ya yaitu dalam menolong agama Allah Taala ya maka menolong agama Allah harus ikhlas karena Allah Subhanahu Wa taalaah jika kalianolong agama Allah Allah akan menolong kalian ya jika kalian menolong agama Allah ya maka Allah menolong kalian menolong agama Allah dengan penuh ke keikhlasan pada Allah subhanahu wa taala banyak perkataan Salaf Radiallahu anhum tentang masalah keikhlasan ini ya di anara perkataan Abdullah Ibnu Mubarak rahimahullah taala banyak amal-amal yang kecil menjadi Agung menjadi besar karena niat ya karena niat yang ikhlas kepada Allah kemudian kata beliauirinah dan banyak amal-amal yang besar menjadi kecil karena karena niat ya ini tentang niat kemudian kata alimam Ibnu qayim rahimahullah lassadal minbis lasad ya
01:21:08
LSI tidak ada yang sesuatu yang lebih rusak yang lebih mampu merusak amal-amal seorang melebihi ucjub pada diri seorang ujub kagum dengan dirinya ya dan ryat nafs dia melihat dirinya tidak peduli pada orang orang lain nauzubillah jadi hati-hati misalah penyakit-penyakit hati ya kita hanya ingin ya untuk mengingatkan tertama untuk diri saya pribadi ya bukan yang yang lainnya ya kemudian yang lainnya silakan tapi ini terutama untuk diri kami AG kita selalu luruskan niat-niat kita Jangan sampai kita melenceng jauh dari jalan yang yang benar beg kita melenceng luruskan lagi lancang luruskan lagi sehingga kita tetap istikamah di atas jalan yang lurus cukup ya pertanyaan Ada yang ingin bertanya masih ada waktu 10 menit Boleh silakan langsung gak apa-apa ya pak Afan Ustaz eh doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam itu seperti misalnya Allah itu kalau kita sering apa berdoa dengan itu itu bisa berpengaruh terhadap hati kita supaya kita bersih dalam ikhlas beribadah kepada Allah saya kir baik di sini ada pertanyaan karena Mang
01:22:52
ada doa-doa yang diajarkan oleh Quran dan sunah Nabi wasallam ituu doa untuk menetapkan hati ka hati kita ini tetap Y di atas agama Allah ya maka kita diajarkan oleh Quran diantaranyabana wahaiab kami janganlah engkau bengkokkan hati kami setelah engkau beri Hidayah beri petunjukanya ya dan berikanlah kepada kami Rahmat dari sisimu Sungguhnya Engkau adalah Yang Maha Pemberi ini doa untuk meminta ketetapanti ketetapan hati itu artinya ketetapan di atas agama Allah ya kalau kita ingin juga ya minta keikhlasan maka minta pada Allah Taala Ya Allah Allah Ya Allah aku mohon pada engkau keikhlasan dalam amalku aku mohon pada engkau ya Allah Kau jadikan aku termasuk hamba-hamba-mu yang yang Mukhlisin yaitu doa-doa berkaitan dengan ke keikhlasan Adapun tadi misalnya dooa untuk kita Tetap di atas agama agama Allah termasuk ya muqibal qulubbit qbi Al Dini Wahai datat yang membolak-balik hati manusia tetapkanlah hatiku di atas AG di atas
01:24:17
agamamu Nah itu untuk ketetapan di atas Iman di atas sunah di atas tauhid itu dengan doa-doa tersebut kalau kita minta keikhlasan minta pada Allah Taala agar Allah memberikan P kita keikhlasan dalam amal-amal ibadah kita kemudian kita berupaya ketika kita meminta keikhlasan P Allah Taala upayakan amal kita ini agar dia itu betul-betul ikhlas ada hal-hal yang kira-kira akan tampak kita sembunyikan karena ini akan merusak keikhlasanu dan kita minta pada Allah supaya di diberikan ke keikhlasan Jadi apa yang kita Mohon pada Allah Taala kita berupaya untuk m m praktiikkkannya ya wallahuam Ini pertanyaan di luar tema ya Ustaz Bagaimana cara memaafkan istri ya setelah yni melakukan hal yang tidak selayaknya ya mungkin apa namanya menyukai orang lain misalnya ya ini ya juga kita ini harus ya kita melihat kesalahan dari dari orang yang berbuat kesalahan tersebut itu istri itu sejauh mana kesalahan dia apakah sampai pada hal-hal yang haram yang keji ya maka ada jalan yang diberikan
01:25:46
yaitu dan kita tidak boleh ya menuduh seorang istri berselingkuh berzina tanpa ada ada bukti haram hukumnya takak boleh ya tidak dibolehkan karena kadang-kadang seorang Mungkin dia pakai WhatsApp Ya memang ini benda ini menjadi fitnah juga sekarang ini karena banyak hubungan yang tidak selayaknya antara seorang suami dan istri atau istri dengan orang lain itu gara-gara ya HP Mak di sini pentingnya kita harus selalu krol kita harus selalu sharing selalu ingat mengingatkan nasatas nasati jangan sudah parah baru kemudian kita itu kita itu sadar jangan sampai demikian upayakan sebelum terjadi ya kita sudah memprotek itu semuanya ya kemudian juga kita harus mohon pada Allah minta pada Allah yaar Allah memberikan pada kita ya istri-istri yang baik yang salhah anak keturunan yang baik yang Saleh supaya Ya itu salah satu upaya berdoa ya mohon P Allah Taala ya Adapun kalau misalnya sudah sampai terjerumus dalam hal yang tidak dibenarkan oleh agama Itu haknya suami dia mau c c ya Karena berbahaya ya karena ini berbahaya tap kalau dia memaafkan Ya silakan Itu haknya cuman
01:27:22
khawatir Itu terulang Ya itu bisa terulang wallahu taala alam yang lain silakan ada sudah baik saya kira cukup mudah-mudahan apa yang disampaikan tadi bermanfaat utama untuk diri saya Dan kita semuanya kita Mohon pada Allah Azza waalla Semoga Allah senantiasa memberikan pada kita Taufik dan hidayahnya dan Allah senantiasa memberikan pada kita keikhlasan dalam kita beramal dalam kita berdakwah dalam kita beribadah kepada Allah subhanahu wa taala hanya kepada engkau ya Allah kami beribadah kami menyembah kepada engkau ya Allah Kami memohon pertolongan itu yang kita selalu mohon k Allah subhanahu wa taala demikian kajian kitaada kesempatan yang baik ini semoga bermanfaat lebih kurangnya saya mohon mafh asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Post a Comment for "Kajian: Dakwah Salaf dan Keikhlasan | Ustadz Mubarak Bamuallim, Lc, M.H.I"
Santun dalam berkomentar, cermin pribadi anda