Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Puasa Ramadhan | Meteri Ke 3

Keutamaan Puasa Di Bulan Ramadhan | Meteri Ke 3

Puasa Ramadhan mempunyai kedudukan yang sangat agung. la memiliki keutamaan dan ganjaran yang sangat besar.

Imam al-'Izz bin Abdus Salam berkata: "Keutamaan waktu dan tempat ada dua bentuk, bentuk pertama bersifat duniawi dan bentuk kedua bersifat agama. Keutamaan yang bersifat agama adalah kembali kepada kemurahan Allah untuk para hamba-Nya dengan cara melebihkan pahala bagi yang beramal, seperti keutamaan puasa Ramadhan atas seluruh puasa pada bulan yang lain demikian pula seperti hari 'Asyura'. Keutamaan ini kembali pada kemurahan dan kebaikan Allah bagi para hamba-Nya di dalam waktu dan tempat tersebut." (Qawa’id al-Ahkam 1/38 al-’Izz bin Abdis Salam).

Di antara keutamaan puasa Ramadhan adalah:

A. Termasuk Rukun Islam

Islam itu dibangun di atas lima perkara. Tidak sempurna keislaman seseorang kecuali dengan mengerjakan lima perkara tersebut. Puasa Ramadhan termasuk rukun Islam, berdasarkan hadits:
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجَّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
"Islam itu dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, membayar zakat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan." (HR. Bukhari No. 8, Muslim No. 16).

B. Menghapus Dosa yang Telah Lalu

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
"Barang siapa berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mencari pahala akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari No. 38, Muslim No. 860).

Hadist di atas menunjukkan bahwasanya ampunan terhadap dosa yang telah lalu hanya untuk orang-orang yang berpuasa Ramadhan, ini karena keimanan dan mencari pahala, dan karena iman dan mencari pahala adalah barometer dan pembeda apakah puasanya itu karena kebiasaan dan ikut-ikutan ataukah benar-benar niatnya ibadah!?, Barang siapa niat puasanya bukan karena iman dan mencari pahala tidak termasuk dalam janji hadits di atas. (Ash-Shaum fi Dhail Kitab was Sunnah hlm. 12 Umar Sulaiman al-Asyqar).

C. Merupakan Sebab Masuk Surga

Ini sebagaimana hadits:
عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْأَنْصَارِيِّ ، أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُولَ اللهِ. فَقَالَ: أَرَأَيْتَ إِذَا صَلَّيْتُ الْمَكْتُوبَاتِ، وَصُمْتُ رَمَضَانَ، وَأَحْلَلْتُ الْخَلَالَ، وَحَرَّمْتُ الْحَرَامَ، وَلَمْ أَزِدْ عَلَى ذَلِكَ شَيْئًا، أَأَدْخُلُ الْجَنَّةَ ۚ قَالَ: نَعَمْ
. Dari Abu Abdillah Jabir bin Abdillah al-Anshari, bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah: "Bagaimana pendapatmu jika aku melaksanakan shalat-shalat fardhu, berpuasa Ramadhan, menghalalkan yang halal, mengharamkan yang haram, dan aku tidak menambah sedikit pun atas hal itu, apakah aku akan masuk Surga?" Beliau menjawab: "Ya."( HR. Muslim No. 15).

Hadits di atas menunjukkan bahwa orang yang mencukupkan dirinya untuk mengerjakan perkara yang wajib dan meninggalkan yang haram maka dia akan masuk surga. Akan tetapi, barang siapa meninggalkan perkara-perkara yang sunnah dan tidak mengerjakannya sedikit pun maka dia telah rugi besar, tidak mendapat pahala yang banyak. Orang yang semacam itu kurang agamanya dan cacat kepribadiannya. (Al-Mufhim Lima Asykala Min Talkhis Kitab Muslim 1/166 al-Qurthubi).

D. Do'anya Terkabulkan

Allah berfirman:
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ)
Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. al-Baqarah [2]: 186)

Perhatikanlah, Allah meletakkan ayat ini setelah menjelaskan tentang kewajiban puasa, sebagai isyarat pentingnya do'a ketika berpuasa. Rasulullah bersabda:
إِنَّ لِلَّهِ عُتَقَاءَ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ لِكُلِّ عَبْدٍ مِنْهُمْ دَعْوَةً مُسْتَجَابَةٌ
"Sesungguhnya Allah mempunyai orang-orang yang akan dibebaskan (dari neraka) setiap hari dan malam. Setiap hamba dari mereka punya do'a yang mustajab."( HR. Ahmad 12/420. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih al-Jami’ No. 2169).

Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: "Yaitu pada bulan Ramadhan." (Athraf al-Musnad 7/203).

Ini merupakan keutamaan besar bagi bulan Ramadhan dan orang yang berpuasa, menunjukkan keutamaan do'a dan orang yang berdo'a. (Faidhul Qadir 2/614 al-Munawi).

E. Pahala yang Berlipat Ganda Tanpa Batas.

Ini sebagaimana hadits:
كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَة ضِعْفٍ قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ
"Semua amalan bani Adam akan dilipatgandakan, satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan semisalnya hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman: 'Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untukKu, dan aku yang akan membalasnya." (HR. Muslim No. 2763). Al-Hafizh Ibnu Rajab mengatakan: "Tatkala puasa itu sendiri pahalanya dilipatgandakan daripada amalan-amalan yang lain, maka puasa Ramadhan pahalanya akan berlipat ganda dibandingkan dengan puasa-puasa yang lainnya. Sebabnya ialah kemuliaan waktu, karena puasa ini Allah wajibkan bagi seluruh hamba, dan karena puasa ini salah satu rukun Islam yang Islam itu dibangun di atasnya." (Latha'iful Ma’arif hlm. 286).

Bahkan pahala yang mereka peroleh tidak terbatas, sebagaimana konteks hadits di atas, Allah berkehendak untuk melipatgandakan pahala puasa sekehendakNya.

Imam al-Auza'i mengatakan: "Tidak ada timbangan dan takaran untuk pahala orang yang berpuasa, tetapi mereka akan dibuatkan kamar khusus tersendiri. (Tafsir Ibnu Katsir 7/80).

Post a Comment for "Keutamaan Puasa Ramadhan | Meteri Ke 3"